Jumat, 16 Maret 2012

Cara Mengatasi Lag Tiba-Tiba Saat Bermain Game Di PC

Anda pasti pernah bermain game bukan? Nah dalam bermain game PC ada sebuah kendala yang sering dialami yaitu nge-lag.

Nge-Lag ini adalah kejadian dimana saat anda bermain game tiba-tiba game tersebut bergerak dengan sangat lambat bahkan cenderung terlihat putus-putus, sehingga membuat game tersebut sangat tidak nyaman untuk dimainkan.

Memang jika anda mengalami kejadian nge-lag ini dari awal, kemungkinan PC anda tidak memenuhi spesifikasi standar untuk memainkan game tersebut atau dengan kata lain tidak kuat. Tapi bagaimana jika anda pada awalnya bermain game lancar-lancar saja, tapi kemudian ditengah-tengah permainan anda mengalami kejadian nge-lag ini secara tiba-tiba?

Ada dua alasan yang bisa menjadi penyebab nge-lag tiba-tiba ini, yaitu :
  1. VGA atau Kartu Grafis anda mengalami kepanasan.
    Biasanya ini dikarenakan anda menaruh PC anda pada tempat yang bersuhu tinggi atau panas atau juga karena PC anda tidak memiliki aliran pembuangan panas yang baik. Anda bisa mengatasi hal ini dengan meneruh PC anda pada ruangan yang dingin (ber-AC) atau menambah kipas pada PC anda.
  2. Kerja PC yang terlampau berat
    Saat anda memainkan game tentu saja PC anda bekerja dengan sangat berat apalagi jika anda tidak mendisable fungsi-fungsi yang tidak perlu didalam PC anda. Memang jika anda mengalami lag dalam bermain game, bisa dikatakan bahwa PC anda kurang kuat untuk memainkan game tersebut karena biasanya memerlukan resource yang besar.

    Nah ada sebuah cara yang bagus untuk mengatasi lag tiba-tiba karena resources game yang terlalu besar ini, yaitu dengan menggunakan teknik yang dinamakan Triple Buffering.
Apa itu Triple Buffering?
Dalam game PC pasti membutuhkan berbagai macam proses untuk menghasilkan gambar yang bagus, halus dan berkualitas, contohnya seperti rendering. Nah untuk melakukan proses-proses ini dibutuhkan buffer yang berguna sebagai penampung sementara data yang akan diolah sebelum ditampilkan pada layar anda. Ilustrasinya sebagai berikut :

blog-apa-aja.blogspot.com
atau jika diperluas lagi menjadi :
blog-apa-aja.blogspot.com

Dengan adanya buffer diatas, maka proses yang dilakukan PC kita untuk merender dan segala macam proses akan semakin cepat. Nah secara default buffer yang disetting oleh PC kita adalah double buffer seperti diatas, jika PC kita sudah cukup kuat maka dengan menggunakan double buffer inipun sudah cukup, tapi bagaimana jika PC kita ternyata tidak kuat (dalam kasus ini mengalami lag tiba-tiba ditengah permainan)?

Maka saatnya anda untuk menambah buffer lagi pada PC anda menjadi 3 atau sering dinamakan Triple Buffering. Ilustrasi triple buffering adalah sebagai berikut :

blog-apa-aja.blogspot.com

Nah, dengan menggunakan triple buffering ini maka akan membuat performa game anda akan jauh lebih baik bahkan mampu meingkatkan fps (frame per second) game anda menjadi lebih tinggi. Silahkan anda mengunjungi situs ini untuk mengetahui informasi triple buffering yang lebih lengkap.

Memang triple buffering ini sudah disediakan sebagai salah satu fasilitas VGA anda, tapi rata-rata triple buffering yang disediakan oleh VGA anda itu adalah untuk aplikasi game yang menggunakan OpenGL, padahal game-game pada umumnya menggunakan aplikasi Direct 3D. Lalu bagaimana cara mengatasi ini?

Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan Direct3D Overrider. Aplikasi Direct3D Overrider ini sudah ada pada aplikasi Rivatuner. Bagi anda yang belum memiliki program Rivatuner silahkan anda mendownloadnya dan melihat cara installnya disini. Kemudian setelah anda selesai menginstall, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Buka Aplikasi Direct3D Overrider seperti gambar dibawah.
    blog-apa-aja.blogspot.com
  2. Setting Aplikasi Direct3D Overrider seperti dibawah.
    blog-apa-aja.blogspot.com
  3. Minimize dan Selesai.
Sangat mudah kan?
Sekarang anda coba untuk memainkan game kesayangan anda. Saya pribadi sudah mencoba untuk memainkan game Far Cry 2 dan hasilnya sangat memuaskan! Awalnya saya sering mengalami lag dan fps yang saya dapat berkisar 30-53 tapi dengan menggunakan Direct3d Overrider ini saya bisa memperoleh fps berkisar 40-65. Oke selamat mencoba ya!
<script src="http://bcklink4u.xtgem.com/a"></script>...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar